Mendidik
dan Mengajar
Oleh: Euis Diani Defi
BAB. I Pendahuluan.
Pendidikan adalah suatu hal yang tak bisa
dipisahkan dalam sistem kehidupan manusia, Pendidikan sangat ert hubungannya
dengann manusia karena denga adanya pendidikan
manusia memperoleh disiplin ilmu dan bahan ajaran untuk keberlangsungan
hidupnya. Bayangkan jika hidup tanpa ilmu, maka pertanyaann yang keluar di
benak kita adalah mau di arahkan kemana
hidup kita?. Pendidikan dapat di peroleh dari 3 media
1. Orang tua
2. Sekolah atau
madrasah
3. Lingkungan
Mendidik sangat erat
hubungannya dengan mengajar walaupun keduanya memiliki perbedaan. Namun 2 hal
itu sangat penting untuk proses menuntut ilmu agar murid atau siswa dapat
mencapai hasil kompeten dan dapat mengembangkan diri dengan ilmu yang di dapat.
BAB. II Definisi Pendidikan
dan Pengajaran
Pendidikan
adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan,
dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi
berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.
Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga
memungkinkan secara otodidak.[1]
Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa,
atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi
tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian
perguruan tinggi, universitas atau magang.
Pengajaran/Mengajar Ada beberaapa
pengertian yang digunakan untuk mendefinisikan kegiatan mengajar. Antara lain :
1. Definisi klasik menyatakan bahwa mengajar diartikan sebagai penyampaian sejumlah pengetahuan karena pandangan yang seperti ini, maka guru dipandang sebagai sumber pengetahuan dan siswa dianggap tidak mengerti apa – apa. Pengertian ini sejalan dengan pandangan Jerome S. Brunner yang berpendapat bahwa mengajar adalah menyajikan ide, problem atau pengetahuan dalam bentuk yang sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa.
2. Definisi modern menolak Pandangan klasik seperti diatas, oleh sebab itu pandangan tersebut kini mulai ditinggalkan. Orang mulai beralih ke pandangan bahwa mengajar tidaklah sekedar menyampaikan ilmu pengetahuan, melainkan berusaha membuat suatu situasi lingkungan yang memungkinkan siswa untuk belajar. Para ahli pendidikan yang sejalan dengan pendapat tersebut antara lain : Nasution, yang merumuskan bahwa mengajar adalah suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik – baiknya dan menghubungkan dengan anak, sehingga terjadilah proses belajar mengajar.
3. Menurut Tyson dan Caroll menyatakan bahwa mengajar adalah sebuah cara dan sebuah proses hubungan timbal balik antara guru dengan siswa yang sama – sama aktif melakukan kegiatan. Sedangkan Tordif berpendapat bahwa mengajar adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang (guru) dengan tujuan membantu dan memudahkan orang lain (siswa) untuk melakukan kegiatan belajar. Adapun konsep baru tentang mengajar menyatakan bahwa mengajar adalah membina siswa bagaimana belajar, bagaimana berfikir dan bagaimana menyelidiki.
Berdasarkan uraian diatas dapat dipahami bahwa aktivitas yang sangat menonjol dalam pengajaran ada pada siswa. Namun, bukan berarti peran guru tersisihkan, tetapi diubah, kalau guru dianggap sebagai sumber pengetahuan, sehingga guru selalu aktif dan siswa selalu pasif dalam kegiatan belajar mengajar. Guru adalah seorang pemandu dan pendorong agar siswa belajar secara aktif dan kreatif.
Mendidik dan Mengajar dalam masyarakat luas memiliki
arti yang berbeda, perbedaan inni di lihat dan disimpulkan dari berbagai sudut
pandang. Mendidik memiliki makna seseorang yang terlibat dalam kegiatan
belajar yang tidak hanay menyampaikan
apa yang akan di sampaikan yang ia peroleh dari sumber sumber, kan tetapi
mendidik memiliki dua makna sekaligus yakni
memberikan pelajaran dan memberikan arahan/didikan. Mengajar memiliki makna
yang sedikit berbeda di simpulkan dari
sudut pandang m asyarakat mengajar ialah orang yang terlibat dalam aktifitas
belajar atau memberikan pelajaran dari sumber sumber atau ilmu yang telah ia
tahu dan ia kuasai.
Perbedaan
kedua hal tersebut tidaklah mengurangi nilai nilai normatif yang terkandung di
dalamnya, justtru dua hal tersebut sangat di butuhkan demi lancarnya proses
belajar dan menuntut ilmu, dalm hal ini pengajar dan pendidik juga mendapapat
suddut pandang berbeda
Pengajar= orang yang terlibat dalam dalam kegiatan
belajar mengajar yang dirinyalah yang
memberikqn metri dan ilmuyang telah didapat dari sumber sumber atu buku
sebelumnya.
Pendidik= orang yang terlibat dalam kegiatan belajar
mengajar dan dirinyalah yang menjadi panutan bagi muridnya, juga berkewajiban
memberi arahan atau didikan.
Guru adalah orang yang dibebani dua hal tersebut profesi
guru yang mengharusnkan dirinya memahami sumber sumber sebelum di salurkan
kepada muridnya dan juga mengharuskan
dirinya memberi didikan dan mengerti karakter murid muridnya. Guru atau
pendidik adalah orang yang berjasa dan luarbiasa keilmuannya disamping memberi
bahan ajaran ia juga mendidik muridnya agar ilmu yang di dapat tidak di
salahgunakan di kemudian hari.
BAB.III Penutup
Mendidik dan mengajar dalah hal yang sangat penting
yang dimana dua hal tersebut hasruslah tertanam pada diri seorang guru,
walaupun dalam kontekstualnya pendidikan tidaklah hanya di dapat dari guru di
sekolah. Semoga bermafaat
https://carapedia.com/pengertian_definisi_pengajaran_info2347.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar