Rabu, 27 Juli 2016



Mendidik dan Mengajar
Oleh: Euis Diani Defi
BAB. I Pendahuluan.
 Pendidikan adalah suatu hal yang tak bisa dipisahkan dalam sistem kehidupan manusia, Pendidikan sangat ert hubungannya dengann manusia karena denga adanya pendidikan  manusia memperoleh disiplin ilmu dan bahan ajaran untuk keberlangsungan hidupnya. Bayangkan jika hidup tanpa ilmu, maka pertanyaann yang keluar di benak kita  adalah mau di arahkan kemana hidup kita?. Pendidikan dapat di peroleh dari 3 media
1. Orang tua
2. Sekolah atau madrasah
3. Lingkungan
Mendidik sangat erat hubungannya dengan mengajar walaupun keduanya memiliki perbedaan. Namun 2 hal itu sangat penting untuk proses menuntut ilmu agar murid atau siswa dapat mencapai hasil kompeten dan dapat mengembangkan diri dengan ilmu yang di dapat.
BAB. II Definisi Pendidikan dan Pengajaran
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.[1] Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.
Pengajaran/Mengajar Ada beberaapa pengertian yang digunakan untuk mendefinisikan kegiatan mengajar. Antara lain :

1. Definisi klasik menyatakan bahwa mengajar diartikan sebagai penyampaian sejumlah pengetahuan karena pandangan yang seperti ini, maka guru dipandang sebagai sumber pengetahuan dan siswa dianggap tidak mengerti apa – apa. Pengertian ini sejalan dengan pandangan Jerome S. Brunner yang berpendapat bahwa mengajar adalah menyajikan ide, problem atau pengetahuan dalam bentuk yang sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa.
2. Definisi modern menolak Pandangan klasik seperti diatas, oleh sebab itu pandangan tersebut kini mulai ditinggalkan. Orang mulai beralih ke pandangan bahwa mengajar tidaklah sekedar menyampaikan ilmu pengetahuan, melainkan berusaha membuat suatu situasi lingkungan yang memungkinkan siswa untuk belajar. Para ahli pendidikan yang sejalan dengan pendapat tersebut antara lain : Nasution, yang merumuskan bahwa mengajar adalah suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik – baiknya dan menghubungkan dengan anak, sehingga terjadilah proses belajar mengajar.

3. Menurut Tyson dan Caroll menyatakan bahwa mengajar adalah sebuah cara dan sebuah proses hubungan timbal balik antara guru dengan siswa yang sama – sama aktif melakukan kegiatan. Sedangkan Tordif berpendapat bahwa mengajar adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang (guru) dengan tujuan membantu dan memudahkan orang lain (siswa) untuk melakukan kegiatan belajar. Adapun konsep baru tentang mengajar menyatakan bahwa mengajar adalah membina siswa bagaimana belajar, bagaimana berfikir dan bagaimana menyelidiki.
Berdasarkan uraian diatas dapat dipahami bahwa aktivitas yang sangat menonjol dalam pengajaran ada pada siswa. Namun, bukan berarti peran guru tersisihkan, tetapi diubah, kalau guru dianggap sebagai sumber pengetahuan, sehingga guru selalu aktif dan siswa selalu pasif dalam kegiatan belajar mengajar. Guru adalah seorang pemandu dan pendorong agar siswa belajar secara aktif dan kreatif.


Mendidik dan Mengajar dalam masyarakat luas memiliki arti yang berbeda, perbedaan inni di lihat dan disimpulkan dari berbagai sudut pandang. Mendidik memiliki makna seseorang yang terlibat dalam kegiatan belajar  yang tidak hanay menyampaikan apa yang akan di sampaikan yang ia peroleh dari sumber sumber, kan tetapi mendidik  memiliki dua makna sekaligus yakni memberikan pelajaran dan memberikan arahan/didikan. Mengajar memiliki makna yang sedikit  berbeda di simpulkan dari sudut pandang m asyarakat mengajar ialah orang yang terlibat dalam aktifitas belajar atau memberikan pelajaran dari sumber sumber atau ilmu yang telah ia tahu dan ia kuasai.
          Perbedaan kedua hal tersebut tidaklah mengurangi nilai nilai normatif yang terkandung di dalamnya, justtru dua hal tersebut sangat di butuhkan demi lancarnya proses belajar dan menuntut ilmu, dalm hal ini pengajar dan pendidik juga mendapapat suddut pandang berbeda
Pengajar= orang yang terlibat dalam dalam kegiatan belajar mengajar yang dirinyalah yang  memberikqn metri dan ilmuyang telah didapat dari sumber sumber atu buku sebelumnya.
Pendidik= orang yang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar dan dirinyalah yang menjadi panutan bagi muridnya, juga berkewajiban memberi arahan atau didikan.
Guru adalah orang yang dibebani dua hal tersebut profesi guru yang mengharusnkan dirinya memahami sumber sumber sebelum di salurkan kepada muridnya dan juga  mengharuskan dirinya memberi didikan dan mengerti karakter murid muridnya. Guru atau pendidik adalah orang yang berjasa dan luarbiasa keilmuannya disamping memberi bahan ajaran ia juga mendidik muridnya agar ilmu yang di dapat tidak di salahgunakan di kemudian hari.
BAB.III Penutup
Mendidik dan mengajar dalah hal yang sangat penting yang dimana dua hal tersebut hasruslah tertanam pada diri seorang guru, walaupun dalam kontekstualnya pendidikan tidaklah hanya di dapat dari guru di sekolah. Semoga bermafaat










               https://carapedia.com/pengertian_definisi_pengajaran_info2347.html
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar