Rabu, 27 Juli 2016



KONSEP DASAR PENDIDIKAN ISLAM
Oleh:M.Arif Ramadhan

Pemahaman tentang pendidikan Islam dapat diawali dari penelusuran pengertian pendidikan Islam.Sebab dalam pengertian itu terkandung indikator-indikator esensial dalam pendidikan.bila kita akan melihat pengertian dari segi bahasa,kita harus melihat arab karena ajaran Islam diturunkan dalam bahasa tersebut.
            Selama ini pendidikan Islam telah memperkenalkan paling kurang tiga kata yang berhubungan dengan pendidikan Islam.yaitu al-tarbiyah,al ta’lim,dan al ta lim.berikut adalah pengertian dari ketiganya:
1)Al-tarbiyah berasal dari kata rabba,yarubbu,rabban yang berarti mengasuh ,memimpin.kata rabba(mendidik)sudah digunakan rasulullah.Seperti terlihat dalam ayat Al-quran dan hadist.Dalam ayat al-quran kata ini digunakan dalam susunan berkut ini:
Dan rendaahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih kesayangan dan ucapkanlah:”wahai tuanku kasihilah mereka kedua ,sebagaimana mereka berdua telah mendidikku sewaktu kecil(qs al-isra[17]:24)
Dalam bentuk kata benda ,kata rabba ini digunakan juga untuk tuhan karena than juga mendidik ,mengasuh,memeliharadan mencipta.sebagaimana terdapat dalam ayat berikut:
Fir’aun menjawab :bukankah kami telah mengasuhmu diantara(keluarga)kami ,waktu kami kanak-kanak dan kamu tinggal bersama kami beberapa tahun dari umurmu.(qs al-syuara[26]:18)
Allah berfirman:
Dan sesuatu riba yang kamu berikan agar dia bertamba pada harta manusia ,maka riba itu tidak menambah pada sisi allah .dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan allah ,maka yang berbuat demikian itulah orang yang melipat gandakan pahalanya.(qs ar-rum[30](39)).
            Seperti yang tercantum dalam surah Ar-rum [30](39) ,tarbiyyah berasal dari kata rabba ,rabbu ,tarbiyyatan ,yang memiliki makna tambah(zad) dan berkembang(numu).Berdasarkan pada ayat tersebut kata al-tarbiyah dapat berarti proses penumbuhkan dan mengembangkan apa yang ada pada diri peserta didik,baik secara fisik ,psikis ,sosial maupun spiritual.Menurut Muhammmad Athiyah Al Abrasyi,istilah al-tarbiyah mencakup keseluruhan aktivitas pendidikan .Sebab didalamnya mencakup upaya mempersiapkan individu untuk kehidupan yang lebih sempurna ,mencapai kebahagiaan hidup,tanah air,memperkuat fisik ,menyempurnakan etika ,sistematika logika berfikir ,mempertajam instuisi ,giat dalam berkreasi ,memiliki toleransi terhadap perbedaan,fasih berbahasa,serta mempertingi kebahagiaan.

Adapun mustafa al-maraghi membagi aktivitas al-tarbiyah dengan dua amcam sebagai berikut :
a.       Tarbiyyah khalqiyyah,yaitu pendidikan yang terkait dengan pertumbuhan jasmanni manusia agar dapat dijadikan sarana dalam pengeembang ruhaninya.
b.      Tatbiyyah dinniyah tahdzibiyyah yaitu pendidikan yang terkait dengan pembinaan dan pengembangan akhlak dan agama manusiauntuk kelestarian ruhaninya.
Pengertian tarbiyyah dapat diringkas sebagai proses yang berkelanjutan dalam membentuk individu baik dari segi fisikintelektual,emosional,dan spritual  untuk mencapai kesempurnaan hidup.proses ini akan mendidik mereka  untuk meng hayati nilsi-nilsi ysng sesuai untuk kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

2) At- ta’lim
            Kata al-talim jamaknya adalah ta’alim .Al-talim adalah hal yang berkaitan dengan ,mengajar dan melatih.Quraisy shihab ketika mengartikan kata yuallimu dengan arti mengajar yang intinya tidak lain mengisi benak anak didik dengan pengetahuannya yang berkaitan dengan alam metafisika serta fisika.kata al-talim dalam arti pengajaran ysng merupakan bagian pendidikn banyak diguunakan untuk kegiatan pendidikan yang bersifat non formal,seperti majelis ta’limyang saat ini berkembang dan bervariasi.
3).Al-ta’dib
            Kata al-ta’dib berasal dari kata addaba,yu’addibu,ra’diban .kata al-tadib juga berasal dari kata adab yang berarti beradab,bersopan santun,tata krama,adab,budi pekerti ,akhlak,moral,dan etika.Ta’dib yang seakar dengan adab memiliki arti pendidikan dan peradaban atau kebudayaaan.artinya orang-orang yang berpendidikan adalah orang yang berperadaban .Sebaliknya,peradaban yang berkualitas dapat diraih melaluai pendidikan.
            Al-Naquib al-attas lebih memiliki kata al-ta’dib untuk arti pendidikan.Menurut beliau ,ta’dib berarti pengenalan dan pengakuan secara berangsur angsur ditanamkan kepada manusia tentan tempat yang tepat dari segala sesuatu didalam tatanan penciptaan sehingga membimbing secara kearah dipengenalan dan kegungan kekuatan keagungan tuhan.sejauh mana relevansi istilah ta’dib dalam konsep berpendidikan menurut islam .al attas menurunkan penjelasan bahwa tradisi ilmiah bahasa arab,istilah ta’dib mengandung tiga unsur ,yaitu pengembanan ilmiah ,ilmu dan amal.iman adalah pengakuan  yang realisassinya harus berdasarkan ilmu.iman tanpa ilmu adalah bodoh .sebaliknya ilmu harus ada iman .ilmu tanpa iman adalah sombong .kemudian pada akhirnya iman dan ilmu diyakinkan dapat membentuk amal.
Pendidikan islam tujuannya benar-benar diarahkanuntuk mendidik  budi pekerti jiwa ,mengandung pelajaran akhlak .pendidika islam yang ideal adalah pendidikan yang diajarkan karena mengandung kelezatan –kelezatan ruhani untuk dapat sampai kepada hakekat ilmiah dan akhlak terpuji.


Sumber:
Fauzi,imron.2012.Manajemen Pendidikan Ala Rasulullah.Jogyakarta:ar-ruzz media
Ja’far.2011.Pengantar Filsafat Islam.Banda Aceh:Pena

Tidak ada komentar:

Posting Komentar