KONSEP
DASAR PENDIDIKAN ISLAM
Oleh:M.Arif Ramadhan
Pemahaman
tentang pendidikan Islam dapat diawali dari penelusuran pengertian pendidikan Islam.Sebab
dalam pengertian itu terkandung indikator-indikator esensial dalam
pendidikan.bila kita akan melihat pengertian dari segi bahasa,kita harus
melihat arab karena ajaran Islam diturunkan dalam bahasa tersebut.
Selama ini pendidikan Islam telah
memperkenalkan paling kurang tiga kata yang berhubungan dengan pendidikan Islam.yaitu
al-tarbiyah,al ta’lim,dan al ta lim.berikut adalah pengertian dari ketiganya:
1)Al-tarbiyah
berasal dari kata rabba,yarubbu,rabban
yang berarti mengasuh ,memimpin.kata rabba(mendidik)sudah digunakan rasulullah.Seperti
terlihat dalam ayat Al-quran dan hadist.Dalam ayat al-quran kata ini digunakan
dalam susunan berkut ini:
Dan rendaahkanlah
dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kasih kesayangan dan
ucapkanlah:”wahai tuanku kasihilah mereka kedua ,sebagaimana mereka berdua
telah mendidikku sewaktu kecil(qs al-isra[17]:24)
Dalam
bentuk kata benda ,kata rabba ini digunakan juga untuk tuhan karena than juga
mendidik ,mengasuh,memeliharadan mencipta.sebagaimana terdapat dalam ayat
berikut:
Fir’aun menjawab :bukankah kami
telah mengasuhmu diantara(keluarga)kami ,waktu kami kanak-kanak dan kamu
tinggal bersama kami beberapa tahun dari umurmu.(qs
al-syuara[26]:18)
Allah
berfirman:
Dan sesuatu riba yang kamu berikan
agar dia bertamba pada harta manusia ,maka riba itu tidak menambah pada sisi
allah .dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk
mencapai keridhaan allah ,maka yang berbuat demikian itulah orang yang melipat
gandakan pahalanya.(qs ar-rum[30](39)).
Seperti yang tercantum dalam surah Ar-rum
[30](39) ,tarbiyyah berasal dari kata rabba ,rabbu ,tarbiyyatan ,yang memiliki
makna tambah(zad) dan berkembang(numu).Berdasarkan pada ayat tersebut kata
al-tarbiyah dapat berarti proses penumbuhkan dan mengembangkan apa yang ada
pada diri peserta didik,baik secara fisik ,psikis ,sosial maupun spiritual.Menurut
Muhammmad Athiyah Al Abrasyi,istilah al-tarbiyah mencakup keseluruhan aktivitas
pendidikan .Sebab didalamnya mencakup upaya mempersiapkan individu untuk
kehidupan yang lebih sempurna ,mencapai kebahagiaan hidup,tanah air,memperkuat
fisik ,menyempurnakan etika ,sistematika logika berfikir ,mempertajam instuisi
,giat dalam berkreasi ,memiliki toleransi terhadap perbedaan,fasih
berbahasa,serta mempertingi kebahagiaan.
Adapun
mustafa al-maraghi membagi aktivitas al-tarbiyah dengan dua amcam sebagai
berikut :
a. Tarbiyyah
khalqiyyah,yaitu pendidikan yang terkait dengan pertumbuhan jasmanni manusia
agar dapat dijadikan sarana dalam pengeembang ruhaninya.
b. Tatbiyyah
dinniyah tahdzibiyyah yaitu pendidikan yang terkait dengan pembinaan dan
pengembangan akhlak dan agama manusiauntuk kelestarian ruhaninya.
Pengertian
tarbiyyah dapat diringkas sebagai proses yang berkelanjutan dalam membentuk
individu baik dari segi fisikintelektual,emosional,dan spritual untuk mencapai kesempurnaan hidup.proses ini
akan mendidik mereka untuk meng hayati
nilsi-nilsi ysng sesuai untuk kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
2)
At- ta’lim
Kata al-talim jamaknya adalah
ta’alim .Al-talim adalah hal yang berkaitan dengan ,mengajar dan melatih.Quraisy
shihab ketika mengartikan kata yuallimu dengan arti mengajar yang intinya tidak
lain mengisi benak anak didik dengan pengetahuannya yang berkaitan dengan alam
metafisika serta fisika.kata al-talim dalam arti pengajaran ysng merupakan
bagian pendidikn banyak diguunakan untuk kegiatan pendidikan yang bersifat non
formal,seperti majelis ta’limyang saat ini berkembang dan bervariasi.
3).Al-ta’dib
Kata al-ta’dib berasal dari kata
addaba,yu’addibu,ra’diban .kata al-tadib juga berasal dari kata adab yang
berarti beradab,bersopan santun,tata krama,adab,budi pekerti ,akhlak,moral,dan
etika.Ta’dib yang seakar dengan adab memiliki arti pendidikan dan peradaban
atau kebudayaaan.artinya orang-orang yang berpendidikan adalah orang yang
berperadaban .Sebaliknya,peradaban yang berkualitas dapat diraih melaluai
pendidikan.
Al-Naquib al-attas lebih memiliki
kata al-ta’dib untuk arti pendidikan.Menurut beliau ,ta’dib berarti pengenalan
dan pengakuan secara berangsur angsur ditanamkan kepada manusia tentan tempat
yang tepat dari segala sesuatu didalam tatanan penciptaan sehingga membimbing
secara kearah dipengenalan dan kegungan kekuatan keagungan tuhan.sejauh mana
relevansi istilah ta’dib dalam konsep berpendidikan menurut islam .al attas
menurunkan penjelasan bahwa tradisi ilmiah bahasa arab,istilah ta’dib
mengandung tiga unsur ,yaitu pengembanan ilmiah ,ilmu dan amal.iman adalah
pengakuan yang realisassinya harus
berdasarkan ilmu.iman tanpa ilmu adalah bodoh .sebaliknya ilmu harus ada iman
.ilmu tanpa iman adalah sombong .kemudian pada akhirnya iman dan ilmu
diyakinkan dapat membentuk amal.
Pendidikan
islam tujuannya benar-benar diarahkanuntuk mendidik budi pekerti jiwa ,mengandung pelajaran
akhlak .pendidika islam yang ideal adalah pendidikan yang diajarkan karena
mengandung kelezatan –kelezatan ruhani untuk dapat sampai kepada hakekat ilmiah
dan akhlak terpuji.
Sumber:
Fauzi,imron.2012.Manajemen Pendidikan Ala Rasulullah.Jogyakarta:ar-ruzz
media
Ja’far.2011.Pengantar Filsafat Islam.Banda Aceh:Pena
Tidak ada komentar:
Posting Komentar